Penyuluhan Germas di Sekolah

Penggerakan masyarakat di tatanan sekolah salah satunya dilakukan dengan kegiatan penyuluhan kesehatan. Penyuluhan kesehatan adalah kegiatan pendidikan kesehatan, yang dilakukan dengan menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan, sehingga masyarakat tidak saja sadar, tahu dan mengerti, tetapi juga mau dan bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan (Machfoedz, 2009).

Penyuluhan yang dilakukan kali ini dilakukan oleh Program Promosi Kesehatan UPT Puskesmas Waru di SMK Bustanul Ulum Waru berkaitan dengan pencegahan penyakit tidak menular melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).

Penejelasan maksud dan tujuan kegiatan oleh PJ Promkes

Kegiatan dimulai dengan sharing mengenai keseharian siswa/i di rumah saat hari libur. Selanjutnya PJ Promkes memberikan materi tentang apa saja hal-hal negatif ketika malas bergerak dan apa bahayanya. Pemaparan materi dilakukan kurang lebih 30 menit.

Siswa/i fokus mendengarkan materi

Setelah pemaparan dilakukan tanya jawab dengan siswa/i. Siswa/i antusias bertanya, tidak hanya mengenai materi yang dijelaskan tetapi juga mengenai penyakit lain yang kurang dimengerti siswa/i. Ahkir kegiatan diharapkan bagi siswa/i agar selalu melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari untuk mencegah penyakit tidak menular.

Leave a Reply

Your email address will not be published.