BERITAGiziKIA & KBPromosi KesehatanUKMUKM EsensialUKP

GERAKAN IBU HAMIL SEHAT

Dalam Rangka Pekan Ibu Hamil Sehat, UPT Puskesmas Waru Kabupaten Pamekasan menyelenggarakan Pemeriksaan Kesehatan untuk Ibu Hamil di wilayah kerja UPT Puskesmas Waru. Pemeriksaan kepada ibu hamil meliputi penilaian status gizi, tes laboratorium dan pemeriksaan ultasonografi. Selain itu terdapat edukasi ibu hamil, makan bersama menu gizi seimbang dan minum tablet tambah darah.

Peserta ibu hamil sejumlah kurang lebih 30 ibu hamil yang sangat antusias mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan ibu hamil. Ibu hamil pertama kali datang langsung mendaftar dan dilakukan pemeriksaan status gizi, tes laboratorium dan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

Pengambilan sampel daraha ibu hamil
Pemeriksaan Laboratorium
Pemeriksaan USG Ibu Hamil
Pemeriksaan USG Ibu Hamil

Setelah dilakukan pemeriksaan, ibu hamil berkumpul untuk melakukan deklrasi ibu hamil sehat bersama lintas sektor. Deklarasi ibu hamil sehat dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama sebagai kesepakatan bersama bahwa ibu hamil siap melakukan pemeriksaan kehamilan rutin.

Deklarasi oleh perwakilan lintas sektor
Deklarasi bersama ibu hamil
Penandatanganan Komitemen Bersama Lintas Sektor
Penandatanganan Komitemen Bersama Ibu Hamil

Selanjutnya Ibu Hamil mendengarkan penyuluhan kesehatan oleh pemegang program promosi kesehatan terkait Stunting pada anak. Pemegang program promkes memberikan penyuluahan tentang pentingnya stunting sebagai upaya agar ibu hamil lebih memperhatikan asupan gizi sang anak sejak dikandungan.

Penyuluhan tentang Stunting pada anak

Demi meningkatkan kesehatan dan kebugaran ibu hamil, beberapa Bidan Puskesmas memberikan pengarahan dan contoh senam ibu hamil. Senam ibu hamil selain bermanfaat untuk kebugaran dan mempersiapkan fisik pada waktu persalinan, bermanfaat juga untuk Meredakan nyeri, sakit dan ketidaknyamanan yang dirasakan di masa kehamilan, Mengencangkan otot, Memperkuat jantung dan paru, Membuat tidur lebih nyenyak, Membantu menghindari pertamabahan berat badan secara berlebihan, Meringankan nyeri akibat pertambahan beban pada tulang belakang dan Memperkuat Sendi.

Puncak gerakan ibu hamil sehat yaitu dengan makan bersama ibu hamil dengan makanan gizi seimbang. Makanan gizi seimbang penting untuk ibu hamil agar asupan gizi sang anak terpenuhi dan mencegah terjadinya stunting pada anak. Tak lupa juga pentingnya minum tablet tambah darah secara teratur untuk ibu hamil.

Terima kasih kepada lintas sektor dan para bidan desa yang sudah mendukung kegiatan gerakan ibu hamil sehat.

Puskesmas Waru Sepenuh Hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *