PERAN PUSKESMAS DALAM PILKADES SERENTAK KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN 2022

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang diikuti oleh 72 desa se-kabupaten Pamekasan berlangsung pada 23 April 2022. Puskesmas waru tidak terkecuali ikut andil dalam Pilkades tahun ini dengan menugaskan kurang lebih 50 petugas puskesmas sebagai perwakilan dari kesehatan kecamatan waru khususnya wilayah kerja UPT Puskesmas Waru.

Petugas Kesehatan bertugas untuk memantau dan menghimbau penerapan protokol kesehatan saat pelaksanaan Pilkades. Kegiatan meliputi pemberian masker, pemeriksaan suhu tubuh, himbauan untuk mencuci tangan dan menjaga jarak aman.

Masyarakat yang hendak memberikan hak pilihnya ketika tiba di TPS lebih banyak yang tidak memakasi masker, sehingga petugas memberikan masker yang tersedia di TPS. Tak luput juga bagi lansia ada yang tidak dapat memakai masker dengan benar sehingga petugas langsung membantu menggunakan masker.

Sebelum memasuki TPS tak lupa masyarakat dilakukan pemeriksaan suhu tubuh untuk mencegah terdapat masyarakat yang sedang sakit namun terpaksa haru memilih. Namun sebagian besar masyarakat yang datang dalam keadaan sehat dengan suhu tidak lebih dari 36 derajat celcius.

Setelah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, masyarakat diharuskan untuk mencuci tangan atau memakai handsanitizer. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit yang ada di tangan.

Terakhir petugas menghimbau untuk selalu menjaga jarak aman, tidak bergerombol untuk mencegah penularan penyakit atau pingsan karena berdesak-desakan.

Hingga pelaksanaan Pilkades selesai tidak ada keluhan dari masyarakat terkait kesehatan. Pilkades berjalan lancar, meskipun ada beberapa TPS yang kurang kondusif namun masih dapat diamankan.

Semoga pemimpin yang terpilih bisa amanah dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.